Pages

NASI RASUL KULINER ISLAMI

Senin, 15 Februari 2016

Bertepatan Dengan Bulan Kelahiran Nabi Muhammad Saw, Bagi Masyarakat Lombok Timur Dengan Penduduknya Yang Mayoritas Muslim Maka Sangatlah Beralasan Bila Masyarakat Lombok Timur Sangat Identik Dengan Kuliner Yang Satu Ini Yaitu Nasi Rasul Atau Me Mulut.
Nasi Rasul Bukan Sperti Nasi Pada Umumnya Yang Berbahan Dasar Beras Tetapi Nasi Rasul Berbahan Dasar Ketan Baik Yang Berwarna Hitam Ataupun Putih Nasi Ini Lebih Mirip Dengan Makanan Khas Yang Lain Dengan Bahan Dasar  Yang Sama Yaitu Ketan.
Cara Pembuatannya Cuku Mudah Dengan Cara Mengukus Ketan Terlebih Dahulu Dalam Panci Sekitar 10 Menit Kemudian Hasil Kukusan Di Pindahkan Ke Baskom Lalu Diaduk Dengan Santan Kelapa Sampai Kelihatan Ketannya Berlemak, Setelah Itu Kembali Dikukus Sampai Matang.  Nasi Rasul Biasanya Di Sajikan Dengan Semur Ayam, Telur Opor,Srondeng (Kelapa Parut Yang Di Goreng Tampa Minyak Ditambahkan Kunyit,Jahe,Lada, Ketumbar,Lengkuas) Kemudian Nasi Rasul Siap Di Santap.
Tradisi Membuat Nasi Rasul Bagi Masyarakat Lombok Timur Bias Dikatakan Wajib Pasalnya Maulidan Tampa Nasi Rasul Tak Cukup Bahkan Saking Terkenalnya Sampai Nasi Rasul Di Lombok Timur Dikenal Dengan Nama Memulut.(Abu Ikbal)

Subscribe your email address now to get the latest articles from us

 
Copyright © 2017. SAHABAT ISKI.
. . .
Creative Commons License